Blogger news

Kamis, 01 Juli 2010

Aspek dalam pengambilan keputusan berkaitan pemberian pinjaman kredit

Pemberian pinjaman meliputi beberapa aspek. Pada waktu nasabah mendekati bank, ada beberapa tahap yang akan dilalui oleh nasabah tersebut meliputi : evaluasi oleh bank yaitu penyusunan perjanjian simpan pinjam seperti penentuan tingkat bunga, penentuan beberapa batasan yang bertujuan melindungi kepentingan pemberi pinjaman (bank), dan monitoring oleh pihak bank. Jika terjadi masalah dengan kredit maka tahap tambahan akan dilakukan yaitu restrikturisasi hutang (kredit). Makalah ini akan menjelaskan beberapa aspek pada pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pemberian pinjaman dan analisis informasi yang bisa dipakai untuk membantu pengambilan keputusan tersebut.

Sumber yang bisa diperoleh untuk membantu pengambilan keputusan pinjaman ini antara lain :
1. Nasabah yang akan menginginkan pinjaman. Informasi ini meliputi informasi laporan keuangan masa lalu, informasi proyeksi keuangan, deskripsi aset yang dijadikan jaminan, dan detail perencanaan bisnis dan pengalaman manajemen.
2. File pihak pemberi dana. Jika perusahaan sudah menjadi nasabah bank, bank mempunyai file nasabah dan informasi masa lalu nasabah dalam kaitannya dengan bank bisa dianalisis. Bahkan jika perusahaan masih baru informasi mengenai perusahaan lain yang serupa bisa digunakan sebagai perbandingan.
3. Asosiasi bisnis. Asosiasi bisnis bisa memberikan informasi mengenai perilaku dan kondisi anggota-anggotanya. Informasi tersebut bisa digunakan untuk mengevaluasi suatu perusahaan.
4. Informasi pihak eksternal. Pada beberapa negara maju infomasi eksternal tersedia dan bisa diperooleh relatih mudah. Sebagai contoh Dun dan Bradstreet (perusahaan pe-rating Amerika Serikat) menyediakan informasi mengenai perusahaan kecil. Perusahaan pe-rating lain seperti Standard dan Poors memberi rangkig setau-surat berharga dengan nilai seperti AAA (untuk yang paling rendah resikonya). Informasi semacan ini bisa dipakai dalam analisis pinjaman.
5. Informasi Pasar Modal. Beberapa informasi dari pasar modal seperti harga saham, volume penjualan bisa dipalai sebagai informasi tambahan dalam analisis pinjaman. Laporan dari perusahaan broker bisa memberi informasi mengenai kualitas manajemen dan perkembangan masa mendatang.
6. Laporan industri dan Ekonomi secara umum. Laporan asosiasi perdagangan, peramalan ekonomi yang dibuat oleh ekonom, laporan dari lembaga pemerintah, laporan dari Biro Pusat Statistik mengenai uang beredar, pendapatan nasional, dan inflasi bisa dipakai untuk menganalisis pinjaman.
Tahapan dalam proses pinjaman mencakup tiga hal :
1. Persetujuan Pinjaman
2. Monitor Pinjaman
3. Pelunasan Pinjaman

Salah satu sumber informasi mengenai proses pengambilan keputusan pinjaman adalah persetujuan pemberian pinjaman. Tabel berikut ini menyajikan pembatasan dan ketentuan yang biasa ditetapkan oleh pihak bank dalam perjanjian pinjaman di Amerika Serikat.

tabel dan kelanjutan materi ini dapat anda downloand di link berikut :

---download lanjutan---

baca juga materi berikut

0 komentar:

Posting Komentar

Berilah Komentar Apabila anda menyukai materi di atas!komentar bersifat membangun dan gunakan kata-kata sepatutnya..Terimakasih

Convert Currency