Blogger news

Selasa, 25 September 2012

Tanggung Jawab Manajemen dan Arsersi Manajemen

 
Tanggung jawab manajemen adalah menentukan kebijakan akuntansi yang sehat, menjalankan sistem pengendalian intern yang baik, dan membuat penyajian yang wajar dalam laporan keuangan,
Sedangkan tanggung jawab auditor mensyaratkan agar audit dirancang untuk memberikan keyakinan memadai atas pendeteksian salah saji yang material dalam laporan keuangan.
Selanjutnya audit harus direncanakan dan dilaksanakan dengan sikap skeptisme profesional yaitu auditor tidak boleh menganggap manajemen tidak jujur, tetapi kemungkinan tersebut harus dipertimbangkan.
Salah saji dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kekeliruan (errors) adalah salah saji yang tidak disengaja, dan ketidakberesan (irregularities) adalah salah saji yang disengaja, ada dua macam, yaitu (1) pencurian aktiva atau kecurangan pegawai, (2) pelaporan keuangan yang menyesatkan atau kecurangan manajemen. Kecurangan manajemen sulit untuk diungkapkan karena (1) adanya kemungkinan bahwa salah satu atau beberapa anggota manajemen mengabaikan pengendalian intern, (2) adanya usaha manajemen untuk menyembunyikan salah saji tersebut.
Asersi manajemen adalah pernyataan yang tersirat atau yang dinyatakan dengan jelas oleh manajemen mengenai jenis transaksi dan akun terkait dalam laporan keuangan (pernyataan ini merupakan bagian dari kriteria manajemen untuk mencatat dan mengungkapkan informasi akuntansi dalam laporan keuangan). Asersi manajemen dapat digolongkan menjadi lima kategori pernyataan yang luas.
1.       Keberadaan (eksistensi) atau keterjadian (occurrance) berkaitan dengan apakah aktiva, kewajiban dan ekuitas yang tercantum dalam neraca, benar-benar ada pada tanggal neraca, serta apakah pendapatan dan beban yang tercantum dalam laporan rugi/laba benar-benar terjadi selama periode akuntansi.
2.       Kelengkapan adalah semua transaksi dan akun yang seharusnya ada dalam laporan keuangan semuanya memang dimasukkan.
3.       Hak dan Kewajiban berhubungan dengan apakah aktiva memang menjadi hak perusahaan dan hutang menjadi kewajiban perusahaan pada tanggal tertentu.
4.       Penilaian dan Alokasi menyangkut masalah apakah aktiva, kewajiban, ekuitas, pendapatan, atau beban telah dimasukkan ke dalam laporan keuangan dengan angka-angka yang wajar.
5.       Penyajian dan Pengungkapan menyangkut masalah apakah komponen-komponen dalam laporan keuangan diklasifikasikan, dijelaskan, dan diungkapkan dengan sepantasnya.

baca juga materi berikut :

0 komentar:

Posting Komentar

Berilah Komentar Apabila anda menyukai materi di atas!komentar bersifat membangun dan gunakan kata-kata sepatutnya..Terimakasih

Convert Currency